Selasa, 01 April 2008

Permasalahan yang Terjadi pada Anak SMP Kelas VIII

Sub tugas perkembangan: Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi


Bidang Bimbingan: Bimbingan Belajar


Rumusan Kompetensi:

  • Memahami pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar

  • Mampu mewujudkan pengaruh positif dari gambaran tentang kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar


Materi Perkembangan Kompetensi:

  • Pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar

  • Cara-cara mewujudkan pengaruh positif dari gambaran kehidupan mandiri dalam kegiatan belajar sosial ekonomi.


Permasalahan yang terjadi pada diri siswa yaitu siswa belum bisa mandiri dalam kegiatan belajar, siswa masih sangat bergantung pada gurunya. Sehingga dikhwatirkan siswa lebih condong kearah negatif karena siswa belum matang untuk memahami kehidupan.

Kemandirian adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan, karena dengan adanya kehidupan yang mandiri siswa dapat belajar bagaimana cara bertanggung jawab, disiplin dan penyesuaian diri. Dengan begitu, siswa bisa mengetahui kehidupan yang mandiri secara baik.

Pada umumnya, siswa SMP masih tergolong anak-anak yang remaja. Kemanjaan itu bisa disiasati dengan memberikan tanggung jawab, misalkanya memberikan tugas pada anak-anak, disiplin dalam belajar dan tepat waktu, dan mengkondisikan diri dengan teman-temanya.

Jika kemandirian sudah muncul dalam diri siswa kita bisa memberikan solusi bahwa siswa itu bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik.



2 komentar:

buderfly mengatakan...

Maaf,
Apa ini Yuli dari Tolitoli ya?

Tulisannya keren!

retno wulan mengatakan...

hallo. murid2 sy ssh sekali diajak disiplin. sy blm brani tll keras krn tkt berdmpk pd motivasi anak untk belajar. bgmn crny untk mmbwt mrka tdk manja lg?? dan disiplin?trmksh